Mengintip Fungsi Bisnis di RADAR MALANG

Kuliah tamu yang diadakan pada tanggal 18 Mei 2017 di Kampus Pusat Perguruan TInggi ASIA Malang mengenai fungsi bisnis Radar Malang berlangsung dengan penuh antusias dari mahasiswa yang mengikuti kuliah tamu tersebut. Kuliah tamu diawali dengan perkenalan mengenai Radar Malang yang kemudian dilanjutkan pemberian materi mengenai fungsi bisnis. Berikut ini beberapa hal yang disampaikan pemateri.
SEJARAH BERDIRINYA RADAR MALANG
Jawa Pos Biro Malang telah ada sejak 1980-an. Pada tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pos membuat tujuh radar di Jawa Timur sebagai pelopor Koran daerah, salah satunya adalah Radar Malang, Tercatat hingga tahun 2017 ini terdapat 12 radar di Jawa Timur.
PRODUK-PRODUK JAWA POS
a.      Media Cetak
Jawa Pos memiliki Koran di semua provinsi di Indonesia, dengan jumlah sedikitnya 300 koran. Kemudian dari 300 koran di setiap provinsi ini kebanyakan memiliki anak perusahaan lagi berupa Koran di kotanya masing-masing. Setiap Koran dibagi dalam cluster-cluster berdasarkan kewilayahannya. Hingga saat ini Radar Malang ada;ah yang terbesar da;a, hal oplah dan kapitalisasi (omzet dan laba). Memiliki majalah sedikitnya 100 majalah. Memiliki tabloid sedikitnya 70 tabloid.
b.      Media Elektronik
Memiliki jaringan televise local sedikitnya 35 televisi local
c.       Media Online
Jawa Pos Digital
Jawa Pos.Com
Online di seluruh daerah
d.      Hotel
News Hotel
Saham di Nagoya Hotel
e.       Percetakan
Temprina
f.       Pabrik Kertas
Adiprima Suraprinta
g.      Power Plant, dll

BISNIS KORAN
Bisnis Koran adalah sebuah bisnis yang khas karena menggabungkan dua sisi yang secara ideology berbeda, yaitu sisi idealis dari news atau berita yang dimuat dan sisi bisnis yang berupa iklan. Berita merupakan kepentingan dan keinginan public. Sedangkan iklan merupakan kepentingan klien dan keinginan dari klien. Dua kepentingan yang berbeda ini harus bisa diselaraskan. Akan tetapi porsi untuk kepentingan idealis harus lebih besar dari porsi untuk kepentingan bisnis.

TANTANGAN BISNIS KORAN
1.      Gempuran OnlinE, Media Sosial dan Media Elektronik
2.      Life Style yang Berubah
Diama orang-orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis sehingga berpengaruh dalam pola para pemasang iklan.
3.      Perubahan Demografis
Peruabahan demografis adalah angka usia muda trennya selalu meningkat, sehingga korang ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda.
Untuk Menghadapi Tantangan ini Radar Malang melakukan:
1.      Strategi Konten
Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative dan Blow Up (berita yang mampu memenuhi keinginan pembaca)
2.      Membuat Online Berbasis Print (Edisi Cetak)
Berita cetak berkaitan di online dan berita online berkaitan di cetak. Membuat batasan berita online dan berita cetak. Berita yang ada di media online belum tentu ada di media cetak dan begitu pula sebaliknya. Berita di edisi cetak belum tentu ada di edisi online. Sehingga keberadaan media online bukannya membubuh media cetak, akan tetapi melengkapi dan memperkuat media cetak.
3.      Strategi Dekat dengan Pembaca atau Masyarakat
Berita harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yanga da di masyarakat. Dengan begitu, Koran akan selalu dibutuhkan masyarakat sebagai referensi atau sebagai panduan. Menciptkan berita yang berbeda akan memunculkan kesan “Hanya Radar Malang yang Mampu Melakukan”. Kesan seperti ini sangat penting karena kan menimbulkan kesan mendalam di kalangan pembaca atau masyarakat.
4.      Menggaet Minat Pembaca Muda
Dalam hal ini Radar Malang membuat rubric zetizen yaitu rubrik tentnag perkembangan anak muda. Mengenalkan Koran kepada generasi Z, yaitu pembaca usia muda kurang dari 20 tahun.
5.      Menggaet Komunitas. Keluarga, dan Perempuan
Pembaca Radar Malang sebagian besar merupakan keluarga sehingga hal ini menguntukan bagi Radar Malang.
6.      Harus Selalu Berada dalam “Alam Bawah Sadar” Pembaca atau Masyarakat
Brand Radar Malang harus terus menerus tampil ke publik. Tampil melalui berita di Koran saja tidak cukup sehingga Radar Malang sering mengadakan event-event besar.
DIVISI-DIVISI DALAM ORGANISASI RADAR MALANG
1.      Redaksi
Membawa misi idealis yang dipimpin oleh pemimpin redaksi.
2.      Iklan
Membawa misi bisnis yang dipimpin oleh manajer iklan
3.      Koran
Mengadakan event dan melakukan pengembangan bisnis yang dipimpin oleh manajer.
4.      Keuangan
5.      HRD dan Umum

LIMA UNSUR DASAR STRATEGI MARKETING RADAR MALANG
1.      Penentuan Dasar
·         Penentuan STP (Sehmentation, Targeting, Positioning)
·         Segmentasi Prioritas
Teridiri dari segmen menengah (kelas B), segmen menengah keatas (kelas AB) dan segmen atas (kelas A)
·         Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemampanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
2.      Perencanaan Produk
·         Peduli Packaging
·         Packaging harus selalu menarik, dinamis dan kreatif sehingga memudahkan pembaca dalam membaca
·         Packaging ini terkait dengan penampilan atau perwajahan media cetak. Salah satu yang paling penting adalah layout
3.      Manajemen Harga
·         Ada harga psikologis yang harus dijaga
·         Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga Koran
·         Di dalam harga Koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen
4.      Distribusi
·         Jalus Koran masih konvensional
·         Percetakan > Ekspedisi > Agen > Sub Agen > Striker > Pembaca
·         Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa memaintenance mereka dengan baik.
5.      Promosi dan Komunikasi
a.      Promotion by Product
Bisa meyakinktand pelanggan membuktikan pelanggan bahwa produk kita berbeda, produk kita nomor satu dan produk kita berpengaruh.
b.      Promotion by Customer Satisfaction
Promosi dengan target kepuasan pelanggan. TIdak menjual iklan secara langsung, tetapi menjual ide sesuai kebutuhan klien.


Demikianlah beberapa materi yang bisa diambil dari kuliah tamu BP4 Perguruan Tinggi ASIA Malang. Sampai Jumpa di review kuliah tamu berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangun Graha Indah (Retail's Company)

Pesona Taman Safari Prigen – Study Excursie

Nuviaralham Muslim Store (Dakwah Melalui Lukisan)