ONLINE MARKETING
ONLINE MARKETING
By. Firmansyah Yudarnadi
Sebelum kita membicara online marketing, mari kita singgung sedikit mengenai offline marketing.
Offline Marketing adalah pemasaran dengan mata rantai terpenting dalam sebuah bisnis. Bisa dikatakan, pemasaran adalah nyawa dari sebuah bisnis. Tanpa pemasaran, produk yang telah anda rancang dan buat tidak akan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Tanpa ada penerimaan dan pembelian, otomatis bisnis tersebut akan mati. Strategi pemasaran yang tepat dan jitu sangat diperlukan agar produk yang anda hasilkan tersebut diterima dan dibeli oleh masyarakat. Dan dunia pemasaran adalah salah satu yang paling dinamis dalam sebuah bisnis. Hal ini akan sangat terasa jika dikaitkan dengan keadaan sekarang. Offline marketing memakai sarana fisik di dunia nyata seperti, papan reklame, baliho, atau langsung berhadapan dengan konsumen.
Sedangkan Online Marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Intinya adalah pemasar yang menggunakan jasa internet sebagai medianya. Selama ini, online marketing identik dengan menawarkan suatu produk melalui berbagai website ataupun social media.
Lalu jika harus memilih, mana yang lebih efektif dari offline marketing dan online marketing?
Jawabannya, marketing yang lebih efektif adalah online marketing. Hal ini dikarenakan marketing dengan menggunakan media sangatlah praktis, murah, jangkauannya lebih luas, buka 24 jam, tidak perlu sewa ruko ataupun memajang produk di etalase-etalase. Lebih dari itu, setengah penduduk Indonesia telah terhubung ke internet yang membuat bekerja dengan metode online marketing memiliki peluang untuk sukses.
Pengaruh perkembangan teknologi dan internet:
Adanya media portal semacam detik, kompas dan berita-berita yang berbasis online yang kemudian menggeser media cetak seperti Koran.
Kurangnya minat membaca buku pada generasi muda.
Berkembangnya media sosial membuat operator seluler mengalami kerugian
Jenis-Jenis Media Marketing Online:
Web atau Blog
Social Media : Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dll
“Setiap Media Online memiliki cara yang berbeda untuk dijadikan lahan marketing”
“Sharing Sharing dahulu, Selling-Selling Kemudian”
Namanya juga sosial media, bukan selling media. Tanpa interaksi tak akan ada transaksi. Ciptakanlah relasi atau hubungan yang bagus lebih dahulu dengan teman-teman anda. Semakin bagus relasinya, maka akan bagus juga konversinya.
Pentingnya edukasi produk atau jasa yang akan anda tawarkan dengan tidak menerapkan hard selling. Setidaknya terapkanlah lima (5) hal penting dalam marketing di media sosial:
1. Orang tahu bahwa anda siapa (awaraeness)
2. Orang tahu anda menjual apa (association)
3. Orang percaya pada anda karena anda memiliki nilai positif (perceived quality)
4. Orang bertransaksi dengan anda serta merekomendasikan anda ke orang lain (loyalty)
Selanjutnya, mari kita tengok YOUTUBE yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan online marketing. Ada beberapa tips trik untuk optimasi media satu ini:
1. Gunakan pencarian kata kunci yang paling banyak dicari konsumen.
2. Buatlah judul yang bisa membuat penasaran penonton.
3. Optimasi basic video youtube:
a. Gunakan title, deskripsi, keyword atau tag yang relevan dengan tujuan video anda.
b. Gunakan data riset untuk mendapatkan kata kunci yang pas untuk target produk atau jasa anda.
c. Manfaatkan social media untuk mendapatkan traffic pengunjung video youtube anda.
d. Pada dasarnya cara kerja mesin pencari adalah menampilkan hasil dari relevansi objek dengan kata kunci yang di input atau dimasukkan oleh user
(Title + Deskripsi + Tag / Keyword)
e. Mesin pencari bukanlah manusia yang memiliki mata dan telinga yang secara jelas menampilkan hasil penelusuran yang diinginkan oleh user.
f. Setiap obyek memiliki variabel identitas yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat mesin pencari dalam menemukan obyek yang dibutuhkan oleh user.
Pada dasarnya cara kerja mesin pencari adalah menampilkan hasil dari relevansi objek dengan kata kunci yang dimasukkan oleh user.
Selain memanfaatkan YOUTUBE, para online marketer dapat memanfaatkan kecanggihan dari aplikasi Search Engine Optimization (SEO) .

Intinya, Search Engine Optimization (SEO) adalah layanan aplikasi yang membuat segala hal yang kita miliki dalam google akan ditemukan di paling atas di setiap mesin pencari.
Manfaat dan keuntungan Search Engine Optimization (SEO):
1. Mendatangkan trafik potensial ke website
2. Meningkatkan penjualan
3. Meningkatkan daya saing
4. Meningkatkan brand awareness bisnis anda
Kemampuan calom pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merk. Semakin terkenal sebuah merk pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar.
5. Mendapatkan data customer anda dengan gratis
Memanfaatkan form input layanan autoresponder untuk membangun email list customer
Search Engine Optimization (SEO) dibedakan menjadi dua (2) macam:
1. SEO On Page
Optimasi yang dilakukan dari dalam situs website. Serangkaian cara dalam menyusun isi dari halaman website.
· Template / Theme Website
· Judul Website
· Meta Deskripsi
· Heading Artikel
· Keyword atau Tag
· Konten
· Struktur URL
· Page Speed
· Outbound Link
2. SEO Off Page
Optimasi yang dilakukan dari luar situs website. Serangkaian cara membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah kesitus web anda), contohnya sederhana:
· Iklan Gratis / Berbayar
· Blog walking / Komentar
· Social Bookmark
· Article Share
· Dummy Blog
· Social Media
Jenis-Jenis Search Engine Optimization (SEO):
1. SEO Organik : 10 list yang tampil di halaman pertama google
2. SEO Non-Organik : Bypass ketika kita masuk ke google dalam bentuk iklan. Ciri
cirinya ada tulisan “Ad” di pojok kiri atas dan ini berbayar
PENERAPAN Search Engine Optimization (SEO)
Ada banyak cara untuk melakukan SEO Organik, yang pada intinya adalah mencari dukungan (backlink) dari website/blog lain membantu menyebarkan alamat website kita (Anchor Text) mesin pencarian google menerapkan sebuah algoritma dalam menentukan website mana yang cocok untuk ditampilkan pada halaman pencarian user.
Komentar
Posting Komentar