KONSEP DIGITAL MARKETING (Pemasaran Online)
KONSEP DIGITAL MARKETING (Pemasaran Online)
Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, prifat dan relevan.
Tipe pemasaran digital mencakup banyak tehnik dan praktek yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikitim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk dan digital luar.
Tujuan internet marketing adalah merubah customer sekarang menjadi tertarik dan mengikuti keinginan anda. Ada beberapa langkah dalam membuat customer subscribe menjadi pembeli yaitu dengan menawarkan pembayaran atau pembelian produk yang murah dan selalu meningkatkan kepercayaan.
Adapun langkah-langkah dalam melakukan digital marketing, yaitu:
1. Tahapan Belajar
Ø Tidak sadar kalau belum bisa
Ø Sadar kalu belum bisa
Ø Bisa tapi masih berpikir
Ø Tidak berpikir bisa jalan
2. Penelitian Produk
Ø Mencari Produk
Ø Produk bisa diorder atau tidak
Ø Ketahui kapan produk bisa habis atau masa kadaluarsanya
3. Penelitian Diri Sendiri
Ø Percakapan satu persatu
Ø Lihat trend saat ini, seperti Social Media dan Google Trend
Ø Free / Bayar
4. Penelitian Pelanggan
Ø Usia
Ø Jenis kelamin laki-laki atau wanita
Ø Pendapatan per tahun dan jabatan
Ø Pendidikan
5. Istilah-Istilah Pelanggan
Ø Cold Customer adalah jenis customer yang tidak tau produk anda.
Ø Warm Customer adalah jenis customer yang sudah tau produk anda.
Ø Hot Customer adalah jenis customer yang pernah membeli produk anda dan membeli dalam jumlah banyak.
6. Lima Pertimbangan Tambahan
a. Lead Magnet
a) Free download atau trial
b) Diskon atau free ongkir
c) Kuis atau survey
b. Tripe Wire
Merubah customer subscribe menjadi pembeli
c. Core Offer
a) Apakah Produk dapat menyita waktu atau tenaga
b) Banyak mendapat penjualan dari traffic atau lead yang anda buat
c) Fokus meningkatkan konversi dan optimasi berbayar atau free
d. Profit Maximiser
a) Upsell yang berarti produk harus relevan.
b) Cross sells yang berarti lintas penjualan tidak harus relevan, namun alangkah baiknya dibuat relevan.
c) Menaikkan harga produk.
d) Lakukanlah promo / bundling / paket.
e) Kalau perlu, jualkan juga produk orang lain dengan kebijakan manajemen anda.
f) Cobalah menjadi reseller beberapa produk.
g) Retargetting network yang berarti buatlah jumlah target untuk menjaring pembeli dan lakukan hal yang sama dalam setiap harinya.
e. Return Path
Pertimbangkan putaran pemasaran anda
Keuntungan-keuntungan yang didapat dari pelaksanaan konsep digital marketing ini, yaitu:
1. Organisasi lebih mudah dan cepat
2. Kemudahan mengelola barang
3. Pelayanan lebih fokus
4. Riset pasar lebih mudah
5. Biaya pemasaran lebih murah
6. Kemudahan memilih target pasar
7. Tidak terbatas ruang dan waktu
Komentar
Posting Komentar